Beranda · Pasang Iklan · Daftar Isi · Tukar Link · Bantuan

MOHON MAAF BLOG INI SEAKARANG JARANG SAYA URUS. JADI KALAU ADA MASALAH DENGAN DOWNLOAD AN ANDA SILAKAN MENTION SAYA DI TWITTER @MP_BIMANTARA

Perbedaan Antara VPN Server dan Proxy Server

Di Poskan oleh Admin - Bima Pada 3:30:00 PM


Banyak orang yang beranggapan bahwa VPN (virtual private network) dan Proxy adalah sama. Yah memang benar jika proxy server dan VPN server memiliki tujuan penggunaan yang sama yaitu untuk menyembunyikan identitas alamat IP asli dari komputer maupun perangkat lain yang digunakan. Namun bukan berarti keduanya adalah sama loh, baik VPN maupun proxy mempunyai kecepatan, kestabilan dan keamanan yang ditentukan berdasarkan harga – gratis dan berbayar. Meskipun banyak anggapan keduanya sama, dari segi cara kerja sebenarnya sudah jelas koneksi VPN server dan Proxy server berbeda. Lalu dimana letak perbedaan antara keduanya ?

VIRTUAL PRIVATE NETWORK
Virtual private network akan membangun koneksi terenkripsi antara komputer dengan server host VPN, dimana setiap traffic internet melewati server host VPN.
koneksi melalui server VPN akan selalu terenkripsi sehingga aman dan terlindungi

Dengan enkripsi minimal 128 bit, Virtual private network dapat mengamankan data yang di kirim maupun diterima komputer yang anda gunakan. Selain IP Address berubah, menggunakan server VPN seakan-akan sedang memakai ISP lain.

Semua traffic akan melewati server VPN sehingga aktivitas komputer dan alamat situs web yang anda kunjungi benar-benar tidak terlihat oleh pihak lain. Virtual Private Network juga mendukung High levels encryption dari 128-bit sampai 2048-bit.

Melalui jaringan Virtual Private Network, anda dapat mengirim dan menerima file dari komputer satu ke komputer lain yang juga terhubung ke server VPN. Dimana kecepatan, keamanan dan kestabilan yang berbading lurus dengan harga layanan yang harus anda bayar.

Tidak hanya server luar negeri saja, provider VPN indonesia sudah banyak bermunculan sehingga memudahkan anda dalam menggunakan koneksi aman melalui Virtual Private Network.

Untuk menggunakan server Virtual Private Network, dibutuhkan sedikit keterampilan untuk download VPN client, melakukan setting dan konfigurasi antara perangkat komputer dengan server host VPN.

PROXY SERVER
Proxy merupakan komputer server yang bertindak sebagai perantara antara komputer yang anda gunakan dengan internet. Tidak seperti VPN, proxy server tidak selalu melakukan enkripsi data yang dikirim maupun diterima komputer melalui jaringan internet.
Menyembunyikan IP komputer dan menampilkan IP proxy saat menggunakan proxy server

Saat anda menggunakan proxy server, IP address yang terlihat adalah IP proxy yang dimiliki komputer perantara tersebut, bukan IP komputer yang sedang anda pakai. Banyak software proxy yang memberikan kemudahan untuk memakai IP proxy dari komputer lain.
Baca juga Proxy software terbaik untuk anonymous browsing
Ada 2 jenis protokol yang umum digunakan proxy server :
  • HTTP Proxy Servers
    Protokol HTTP digunakan untuk mengakses traffic tingkat HTTP seperti http:// atau https:// yang artinya hanya dapat untuk membuka halaman web. Untuk sekedar browsing dan surfing di internet, HTTP proxy lebih cepat bila dibandingkan Sock proxy server.
  • SOCKS Proxy Servers
    Sock proxy memiliki kemampuan lebih komplit dibandingkan HTTP proxy, selain dapat digunakan untuk mengakses halaman situs web, Sock proxy server dapat membuka POP3 dan SMPT untuk email, IRC chat, FTP untuk upload file ke situs web serta torrent file.

KESIMPULAN VPN vs PROXY SERVER
VPN lebih unggul di segala bidang mulai dari sisi keamanan, kecepatan akses serta kestabilan koneksi server. Virtual Private Network mampu melindungi sepenuhnya (secure) semua aktivitas online yang anda kerjakan bahkan tidak terlihat oleh pihak ISP (internet services provider).

L a i n n y a

1 comments:

Anonymous said...

Good blog you have here.. It's difficult to find high quality writing like yours these days.
I truly appreciate people like you! Take care!!



Stop by my website :: Speed Dating In Charlotte

Post a Comment

Next previous home