Beranda · Pasang Iklan · Daftar Isi · Tukar Link · Bantuan

MOHON MAAF BLOG INI SEAKARANG JARANG SAYA URUS. JADI KALAU ADA MASALAH DENGAN DOWNLOAD AN ANDA SILAKAN MENTION SAYA DI TWITTER @MP_BIMANTARA

Diet Pada Android

Di Poskan oleh Admin - Faridz Pada 12:24:00 PM



Apakah Diet itu? mungkin banyak dari kita mengartikannya dengan pengurangan Berat badan, pengurangan lemak pada tubuh atau bisa diartikan dengan membuat ukuran tubuh jadi seimbang. Yap, semuanya bisa kita katakan benar, tapi apa itu Diet pada android? Apakah anda pernah mendengar sebelumnya,tapi sebelumnya jangan bingung dulu, saya membuat judul bahasan kali ini hanya bersifat majas,atau kata pribahasa, yang intinya bertujuan untuk membuat Android yang lebih cepat,sehat dan ringan. 


Pada pertama kali kita membeli Gadget android maka kita akan belum menemukan masalah yang berarti disana,semuanya serba cepat dan ringan.Tapi lama-kelamaan perangkat tersebut akan mulai memunculkan beberapa masalah,seperti lemot dan berat. Nah,untuk itulah Android kita perlu di didietkan ^_^


Kapan saat nya Android kita ber diet? yuk kita bahas :

1.Banyak aplikasi yang terinstall sehingga memberatkan kinerja

Makin banyak aplikasi yang kita install/pasang diandroid maka akan bisa membuat kinerja android semakin lambat atau berat. Sebaiknya lakukan diet aplikasi,yaitu uniinstallah aplikasi yang kurang berguna untuk android anda,dan bijaklah dalam memilih aplikasi.

2.Banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan

salah satu kelebihan android adalah fitur multitaskingnya,banyak hal yang bisa kita lakukan secara bersamaan dengan android, seperti bermain game,twitteran dan facebookan secara bersamaan.kadang kita lupa menutup atau mematikan aplikasi yang berjalan tersebut,dan kita secara tak sadar malah membuka aplikasi yang lain untuk dijalankan secara bersama sehingga secara tak langsung sudah memberatkan kinerja android kita, seperti CPU yang bekerja semakin kuat dan RAM juga akan bisa penuh. Jika hal itu terjadi sudah sewajarnya android kita akan menjadi berat,nah untuk itu perlu berdiet RAM.maksudnya berdiet untuk melegakan RAM. salah satunya bisa dengan cara mematikan aplikasi yang sedang berjalan dengan task manager bawaan. Jika tidak begitu berubah maka sebaiknya segeralah restart android tersebut.

3. Menggunakan banyak launcher 

Perlu diingat, launcher yang di install di android kita secara tak langsung akan berjalan dibelakang layar,walau kita sudah mendefaultkan launcher yang lain untuk thema android kita. kadang kita lupa, karena asyk mencoba dan merubah ubah tampilan android tersebut sehingga kita sering menginstall banyak launcher (Thema) ke gadget kita,sehingga lama lamaan akan memberatkan kinerja android tersebut. Untuk itu perlulah berdiet segera. Hapuslah launcher yang tidak terpakai atau jarang digunakan di gadget kita tersebut.

4. Memakai Live Wallpaper

Live wallpaper memang menarik kita gunakan di android kita,sebab selain animasi gambar yang bergerak maka juga bisa membuat mata nyaman melihat menu menu gadget kita tersebut.tapi perlu diingat,hal tersebut juga akan membuat gadget kita akan semakin berat dan lemot apalagi jika spec android yang masih minimum,selain itu penggunaan baterai juga akan semakin boros pula.Untuk itu tak ada salahnya kita dietkan segera jika sudah membuat gadget kita semakin lemot.

5.Sampah dan Chache memory semakin menumpuk

taukah anda,semakin lama dan sering kita bongkar pasang atau install dan uniinstall aplikasi android maka sampah atau chache akan semakin menumpuk di memory android kita.jika semakin banyak menumpuk maka akan memenuhi ruang di android tersebut,selain itu juga bisa memberatkan android kita,nah Untuk itu berdietlah segera,hapus segera file tersebut di android kita. Jika mau simple bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Ccleaner atau aplikasi yang lain. (Cek di PlayStore ada banyak pilihan)

6. Memory internal yang Penuh

Tak semua dari kita yang memiliki gadget yang memiliki ruang internal yang lega,nah bagi saudara yang kebetulan memiliki gadget ber internal kecil sebaiknya perhatikan hal ini. Jangan sampai Ruang penyimpanan internal penuh,Hal ini akan bisa membuat android kita lemot, solusinya tetap berdiet. hapus SMS yang tak berguna, hapus chache (bahasan no 5), dan segera pindahkan data atau media ke sd card (external memory), caranya install aplikasi pihak ke tiga seperti link2sd (ada banyak pilihan yang lain), dan tentu sebelumnya sd card anda harus dipartisi dahulu. untuk tutor partisi sd card ada banyak di google artikelnya,dan jangan lupa Root android anda.

Nb : Sebenarnya ada banyak hal lain yang belum kami tambahkan di bahasan diatas,nah bagi para pembaca yang punya tambahan info silahkan kasih pendapat dan komentar disini.

L a i n n y a

0 comments:

Post a Comment

Next previous home